Dunia Kerja

Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika dan Gajinya

Jurusan Teknik Informatika

Ada banyak peluang kerja bagi kamu lulusan teknik informatika. Kamu bahkan bisa bekerja di berbagai industri teknologi, seperti menjadi IT Consultant, software engineer, dan sebagainya. Yuk, cek di sini daftar pekerjaan dan kisaran gajinya.

Jurusan Teknik Informatika, Belajar Apa Aja Sih?

Teknik informatika adalah suatu bidang studi yang mempelajari dan memanfaatkan teknologi komputer untuk perancangan, pengembangan, evaluasi sistem operasi, software (perangkat lunak), dan kinerja komputer, agar berguna dalam kehidupan.

Pada jurusan ini, kamu akan banyak mempelajari tentang pengolahan data pada komputer melalui proses logika, teknologi jaringan komputer, programming, pengembangan perangkat lunak, hardware, mempelajari microcontroller (otak pada komputer), bahkan mempelajari ilmu manajemen sekaligus ilmu komputer.

Daftar Pekerjaan Lulusan Teknik Informatika

Software Engineer

Peluang kerja seorang software engineer masih terbuka lebar, baik untuk industri dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan dengan kemajuan teknologi saat ini, prospek pekerjaan untuk software engineer akan terus berkembang hingga 10 tahun ke depan.

Pekerjaan yang banyak dilakukan insinyur software ini, meliputi optimalisasi software baik untuk komputer desktop maupun smartphone dengan basis OS Android atau Apple, implementasi teknik informatika dan matematika dalam desain, development, maintenance, hingga testing software komputer atau device lain.

Jika kamu juga menekuni bidang coding yang kompleks, kamu bisa bekerja di bidang network distribution dan software compiler. Mau tahu nggak, berapa sih kisaran gaji untuk profesi software engineer? Kamu bisa mendapatkan 4,3 juta Rupiah – 14,6 juta Rupiah sebagai software engineer junior. Sementara kalau sudah senior dan memiliki banyak pengalaman mumpuni, kisaran gajinya antara 20 juta Rupiah hingga 41 juta Rupiah.

IT Consultant

Peran seorang IT Consultant dalam dunia profesional adalah menjembatani kebutuhan klien dengan tim teknis untuk mengatasi berbagai permasalahan berkaitan dengan sistem, aplikasi, penerapan operasional informational technology, dan mengintegrasikan teknologi informasi ke dalam bisnis.

Kalau kamu punya kemampuan analisis yang kuat dan bisa berperan sebagai problem solver bagi permasalahan yang klien alami, kamu bisa memilih profesi ini. Untuk kisaran gajinya antara Rp6.000.000,- sampai Rp.13.000.000,-

Programmer

Programmer

Programmer juga merupakan prospek karir yang cemerlang bagi lulusan teknik informatika. Beberapa bidang pekerjaannya, antara lain front end developer, back end developer, computer forensic investigator, web developer, applications engineer, dan sebagainya. Tentu untuk bisa menjadi programmer yang andal, kamu harus menguasai bahasa pemrograman, seperti Java, PHP, Ruby, Python, JavaScript (Node.js).

Kisaran gaji seorang programmer tergantung project dan profesi pendukungnya. Berdasarkan Indeed.com, umumnya gaji seorang programmer antara 5 juta Rupiah hingga 10 juta Rupiah. Namun jika kamu menangani proyek pengembangan aplikasi atau sistem operasi tertentu yang rumit, gajimu bisa mencapai 60 juta Rupiah.

Web Developer

Kebutuhan untuk memiliki website bagi keperluan bisnis dan promosi secara digital masih tinggi. Apalagi dengan berkembangnya teknologi internet. Itu sebabnya, profesi web developer masih sangat dibutuhkan. Tugasnya, antara lain membangun website dari awal (menentukan hosting dan domain), pengelolaan server dan basis data, struktur website hingga pemeliharaan situs.

Untuk bisa bekerja dalam bidang ini, kamu harus menguasai server/client side architecture, HTML/XHTML, CSS, JavaScript, serta programming dalam framework (Perl, Python, Ruby, PHP, Go, dan Java). Kisaran gajinya antara 10 juta hingga 20 juta Rupiah tergantung posisinya di perusahaan. Bahkan jenis profesi ini juga bisa dikerjakan secara freelance lho.

Mobile Application Developer

Tugas seorang mobile application developer, antara lain membuat, menguji, dan memprogram aplikasi sesuai keinginan perusahaan. Selain itu, aplikasi juga harus bisa dijalankan pada smartphone dengan sistem operasi Android, iOS, dan Windows Phone. Kalau kamu menjalani profesi ini, kisaran gaji yang bisa kamu dapatkan antara 5 juta Rupiah (untuk entry level) hingga 12 juta Rupiah per bulan untuk posisi senior.

Data Scientist

Data scientist erat kaitannya dengan machine learning. Lapangan pekerjaan untuk profesi ini terbuka lebar pada berbagai sektor industri e-commerce, keuangan, pendidikan, riset ilmiah, dan sebagainya.
Jika kamu memilih profesi ini, maka tugasmu analisis data, mengubah database atau suatu algoritma menjadi data agar bisa dianalisis, melakukan evaluasi, dan pengembangan strategi bisnis selanjutnya. Jangan lupa tingkatkan skill kamu agar menjadi ahli dengan mempelajari bahasa Python dan Jupyter Notebook. Nah, berapa potensi gajinya? Gaji untuk profesi data scientist antara 6,7 juta Rupiah hingga 13 juta Rupiah.

SEO Specialist

SEO Specialist

Buat kamu lulusan teknik informatika, namun juga tertarik dengan dunia marketing, penulisan konten (content marketing), dan kerja website, kamu bisa lho menjadi SEO Specialist. Tugasnya nggak cuma bikin website, tetapi harus memastikan kalau website tersebut ramah untuk pengguna sekaligus untuk search engine. Untuk itu, kamu perlu terampil menggunakan Google Analytics, Google Search Console, serta berbagai tools SEO lainnya. Oh ya, profesi ini bisa dikerjakan secara freelance atau menjadi karyawan di suatu perusahaan. Gajinya antara 8 juta Rupiah hingga 40 juta Rupiah.

Software Tester

Tugas seorang software tester adalah menguji dan mengevaluasi kinerja suatu software yang diciptakan oleh developer. Pengujian tidak sekadar bisa digunakan, namun meliputi functional testing, unit testing, UI testing, UX testing, dan sebagainya. Jika punya pengalaman 2-5 tahun, maka potensi gaji yang akan kamu dapatkan sekitar 6,7 – 10 juta Rupiah. Sementara kalau pengalaman lebih dari 5 tahun, kamu bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi lagi.

Penetration Tester

Pernah dengar profesi penetration tester nggak? Ini juga bisa jadi prospek pekerjaan bagi lulusan teknik informatika lho. Kamu akan melakukan pekerjaan seputar pengujian resmi pada sistem komputer dan mengungkapkan berbagai kelemahan yang mungkin disusupi penjahat (hacker, phishing, malware, dan sebagainya). Ada beberapa spesialisasi dalam profesi ini, seperti:

  • Sistem operasi Windows, Linux, dan Mac.
  • Sistem kontrol SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition).
  • Embedded computer systems.
  • Internet of Things (IoT).

Kamu bisa mendapatkan gaji hingga 100 juta Rupiah kalau berkarir sebagai penetration tester. Sebab, profesi ini hubungan erat dengan security system suatu perusahaan atau instansi.

Selain profesi yang telah disebutkan di atas, masih banyak peluang profesi lain bagi lulusan teknik informatika. Namun kebanyakan lulusan ini bekerja di startup unicorn yang fokus bisnisnya memang di industri teknologi. Mau tahu jurusan lain yang juga banyak bekerja di startup unicorn? Cek di sini yuk: Jurusan Kuliah Paling Banyak Dicari Start up Unicorn.