Dunia Kerja

Program Magang Bikin Kamu Siap Kerja

program magang di perusahaan

Mengikuti program magang bukan hanya sebagai persyaratan untuk lulus sekolah atau kuliah saja lho, tetapi ada banyak manfaat yang bisa membantu kamu masuk ke dunia kerja. Dengan mengikuti program tersebut, kamu bisa meningkatkan hard skill dan soft skill serta memudahkan fresh graduate mendapatkan pekerjaan. Kok bisa? Baca penjelasan lengkapnya yuk.

Apa Itu Magang?

Magang adalah program belajar dan latihan bekerja secara langsung di suatu perusahaan untuk jangka waktu tertentu, seperti tiga bulan atau enam bulan. Yang bisa mengikuti program ini umumnya, siswa SMK dan mahasiswa tingkat akhir, sebagai salah satu mata kuliah wajib atau sebagai syarat kelulusan.

Selama mengikuti program ini, peserta akan mendapatkan bimbingan dan latihan untuk mengimplementasikan ilmu yang dimiliki agar dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dalam suatu bidang kerja. Di akhir program, perusahaan akan memberikan penilaian atas kinerja peserta.

Magang umumnya dikenal dalam dua jenis, yaitu paid internship dan unpaid internship. Ingin tahu penjelasan lengkap dari keduanya? Simak artikel berikut: Perbedaan Paid dan Unpaid Internship yang Perlu Kamu Tahu   

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan program adalah mempersiapkan pelajar SMK atau mahasiswa untuk memiliki skill dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Jadi, begitu lulus sekolah/kuliah, para peserta bisa langsung bekerja di bidang pekerjaan yang sesuai.

Manfaat

Manfaat internship

Menambah Wawasan dan Kompetensi

Sebagai mahasiswa yang belum memiliki pengalaman dan pengetahuan di dunia kerja, maka mengikuti program magang bisa sangat berguna untuk mengenal seluk beluk dunia kerja. Kamu bisa belajar mengenai cara bekerja sama dalam tim dan pembagian tugas antar divisi di suatu perusahaan.

Di saat yang sama, kamu juga dapat belajar mengelola project, mengenal struktur organisasi suatu perusahaan, cara berkomunikasi, interaksi di dunia kerja, bahkan cara mendelegasikan tugas. Harapannya, kamu bisa menjadi SDM yang siap kerja dan memiliki kompetensi sesuai posisi pekerjaan yang kamu inginkan.

Mengembangkan Hard Skill dan Soft Skill

Belajar di kampus dan belajar langsung di dunia kerja tentu saja berbeda. Itu sebabnya, mengikuti program ini akan sangat menguntungkan. Kamu jadi bisa mengasah berbagai keterampilan dan keahlian dalam bentuk praktik langsung di bawah bimbingan tim profesional dari perusahaan. Cara ini sudah terbukti efektif untuk meningkatkan hard skill.

Selain hard skill, kamu juga bisa sekalian mengasah soft skill selama program berlangsung. Kamu bisa mempelajari cara bernegosiasi, manajemen waktu, mengasah kemampuan berkomunikasi, dan sebagainya.

Membangun Relasi

Kamu pasti sudah tahu betapa pentingnya memiliki banyak relasi dan networking yang luas dalam dunia kerja. Sebab, kamu bisa bertemu banyak orang dari latar belakang profesi dan pengalaman di industri tertentu.

Nah, mengikuti program magang memberi kamu kesempatan untuk membangun relasi dengan cara yang lebih efektif. Kamu bisa banyak belajar dari mereka, mendapatkan peluang yang berguna bagi pengembangan diri dan karier, bahkan bisa jadi malah bekerja sama membangun bisnis.

Menambah Value/Nilai Diri

Persaingan pencari kerja saat ini semakin ketat, mengingat sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia sementara jumlah pencari kerja sangat banyak. Agar dilirik HRD dan lebih mudah mendapatkan pekerjaan, kamu harus punya nilai lebih yang bisa kamu cantumkan di dalam CV.

Bagi fresh graduate, pengalaman magang bisa kamu cantumkan pada CV sebagai nilai tambah. Hal ini karena kamu nggak cuma punya pengetahuan dan wawasan dalam bentuk teori saja, namun sudah mampu mempraktikkannya secara langsung dalam pekerjaan. Pengalaman ini bahkan membuat kamu lebih siap masuk ke dunia kerja dibandingkan dengan fresh graduate yang nggak mengikuti program ini.

Meningkatkan Peluang Kerja Setelah Lulus Kuliah

Kalau kamu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program magang, ikut saja. Nantinya pengalaman ini bisa membukakan banyak peluang bagi kamu yang masih fresh graduate. Misalnya, langsung diangkat menjadi karyawan jika kinerjanya bagus atau direferensikan ke perusahaan rekanan yang sedang membutuhkan karyawan baru.

Bahkan jika kamu dinilai bagus dalam kinerja dan attitude, nggak menutup kemungkinan akan ada lebih banyak tawaran pekerjaan, sehingga kamu nggak perlu repot lagi mencari lowongan kerja.

Magang Dapet Gaji Nggak Sih?

internship

Memang nggak ada aturan khusus yang menetapkan pemagang wajib menerima gaji. Meski begitu, cukup banyak perusahaan yang memberikan uang saku untuk pengganti biaya transport, uang makan, dan imbalan kerja. Besarnya uang saku ini tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Program magang memiliki banyak manfaat dan bisa benar-benar membantu para fresh graduate agar siap memasuki dunia kerja. Jika beruntung, kamu bahkan bisa mendapatkan uang saku dalam jumlah yang lumayan. Ngomong-ngomong, berapa sih seharusnya besaran uang saku atau gaji pemagang? Cek di sini langsung, yuk: Besaran Gaji Internship di Indonesia Beserta Perusahaannya.