Fitur Atma

Baru! Fitur Talent Pool untuk Simpan Kandidat Favorit

Apakah Anda punya kebiasaan mengumpulkan database kandidat untuk keperluan rekrutmen, namun seringkali tidak diperbaharui sehingga tidak valid untuk digunakan? Semakin banyak data yang dimiliki, semakin banyak pula kandidat yang Anda harus kontak satu per satu karena tidak tahu mana yang masih aktif. Belum lagi apabila database kandidat tersebar di mana-mana, seperti Excel, WhatsApp, email, dan lain-lain. Apabila Anda sedang butuh kandidat cepat, tentunya Anda akan sangat kewalahan ketika menggunakan berbagai platform untuk mencari kandidat terbaik sesuai kriteria. 

Demi memenuhi kebutuhan rekruter/HRD/pemilik bisnis untuk manajemen database kandidat yang rapi dengan informasi kontak dan status kerja terbaru, Atma Business merilis fitur baru bernama Talent Pool di mana Anda bisa menyimpan kandidat favorit dalam berbagai folder untuk kebutuhan rekrutmen kedepannya!

Seperti apa cara kerja fitur Talent Pool? Simak di bawah ini.

Apa itu Talent Pool?

Talent Pool adalah salah satu fitur premium yang ditawarkan oleh Atma Business kepada rekruter/HRD/pemilik bisnis di aplikasi dan website Atma Business. Fitur ini memungkinkan rekruter/HRD/pemilik bisnis untuk membuat dan mengelola pool kandidat sendiri secara efisien. Lewat Talent Pool, rekruter/HRD/pemilik bisnis bisnis dapat mengelompokkan kandidat-kandidat favorit berdasarkan berbagai kriteria seperti posisi pekerjaan, lokasi, tingkat pengalaman, atau kriteria lain yang relevan.

Keuntungan Fitur Talent Pool

Inilah keuntungan menggunakan fitur Talent Pool di Atma Business:

  • Rekrut Cepat dari Talent Pool Langsung

Dengan adanya talent pool, Anda bisa melakukan rekrutmen dengan lebih cepat dan akurat karena Anda merekrut langsung dari kandidat yang sudah Anda saring sebelumnya dan simpan di talent pool. Jadi, ketika ada loker aktif, Anda bisa menyebarkan langsung undangan lamaran kerja/interview dari loker tersebut ke kandidat di talent pool tertentu untuk mendapatkan respon lebih cepat. 

  • Data Kandidat Diperbaharui Otomatis

Data Atma ID kandidat di dalam Talent Pool akan diperbaharui secara otomatis mengikuti perubahan yang dilakukan oleh kandidat. Ini artinya rekruter/HRD/pemilik bisnis selalu punya akses ke data kandidat yang paling baru dan bisa melakukan panggilan kerja dengan cepat. Label kandidat seperti kapan bisa bergabung, masa aktif di dalam aplikasi, dan kontak terbaru, semuanya juga tersedia di Atma ID.

  • Talent pool Anda adalah milik Anda selamanya

Semua talent pool yang sudah Anda buat akan tetap milik Anda selamanya selama akun Atma Business Anda masih aktif, dan bisa dipergunakan tanpa ada batasan apapun. Bayangkan punya database kandidat yang lengkap, auto-update, dan bisa Anda bawa ke manapun meski Anda berpindah perusahaan atau tempat kerja! Cuma talent pool di Atma Business yang bisa begini.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Talent Pool?

Untuk menggunakan fitur Talent Pool di Atma Business, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Klik tombol Talent Pool pada menu ‘Cari’ di profil kandidat yang Anda pilih

2. Tentukan nama Talent Pool Anda sesuai dengan kriteria kandidat tersebut. Lalu, klik ‘Simpan’

3. Jika sudah ada kumpulan pool yang Anda buat, check list nama Talent Pool yang ingin Anda simpan untuk kandidat tersebut. Anda bisa simpan kandidat ke dalam beberapa pool sekaligus!

FAQ Talent Pool

  1. Apakah ada batasan jumlah talent pool yang bisa saya buat?

Tidak, Anda bisa membuat sebanyak mungkin talent pool yang Anda mau.

2. Apabila saya berpindah perusahaan, apakah saya tetap bisa punya akses ke talent pool yang sudah saya buat?

Ya, Anda tetap akan bisa mengakses talent pool yang Anda buat karena talent pool tersebut tersambung ke akun Atma Business Anda. Jadi, selama Anda punya akun Atma Business, talent pool tersebut adalah milik Anda selamanya.

3. Bagaimana cara saya mengundang kandidat di talent pool untuk melamar ke loker saya? 

Kirimkan undangan melamar/interview ke salah satu folder yang sudah Anda buat untuk talent pool.

4. Apakah talent pool saya bisa diakses oleh rekruter/HRD/pemilik bisnis lain?

Tidak bisa. Data talent pool Anda hanya bisa diakses oleh Anda.

5. Apakah saya bisa menyimpan data kandidat yang sama dalam talent pool berbeda?

Ya, Anda bisa menyimpan kandidat yang sama dalam beberapa talent pool berbeda.

Follow media sosial Atma Business untuk dapatkan informasi seputar proses rekrutmen dan tutorial menggunakan Atma. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kendala seputar aplikasi Atma Business, jangan ragu chat Customer Service di WhatsApp melalui nomor berikut 0821-2121-7705.